Senin, 20 Juni 2011

Membuat read more/baca selanjutnya...

Assalamu'alaikum blogger..
Ini tulisan pertama saya tentang blog, ada baiknya ilmu yang dipunya dibagikan ya ngga'? bagi kamu yang uda lama berkecimpung di dunia blog pasti uda tau gimana caranya membuat tulisan kita agar tidak tampil secara penuh di blog tetapi ditampilkan hanya sebagiannya saja dan jika mau dibaca tinggal klik read more atau
baca selanjutnya.

Nah bagi kamu para pemula di dunia blog ini ada tips bagaimana cara membuat tulisan kita hanya tampil sebagian di muka blog dan jika ingin membaca keseluruhannya temen2 bisa klik read more atau baca selanjutnya.

Nah kamu tertarik silahkan ikuti petunjuk dibawah ini :

Langkah Pertama :
1. Masuk ke blog kita dengan menggunakan id kita
2. Klik Dashbor/Rancangan
3. Setelah itu klik Rancangan/ Tata letak
4. Lalu klik tab Edit HTML
5. Kalo uda kemudian klik tulisan Download Template Lengkap, nah silahkan save dulu template tersebut, hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan ketika melakukan editting pada template, kita masih punya back up data untuk mengembalikannya seperti sebelumnya.
6. Kalo uda disave, kembali kehalaman tadi kemudian Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Expand Template Widget. Seperti dibawah ini :




7. Setelah itu tunggu beberapa saat, kemudian pada kotak template tersebut cari kode ini :

atau


(untuk mempermudah pencarian caranya tekan F3, lalu maukan kode tersebut lalu enter, nanti kode tersebut akan diberi warna hijau)

8. Langkah selanjutnya jika sudah ditemukan maka hapus kode tersebut dan gantikan dengan kode di bawah ini :



9. Nah, kalo kalian pengen buat Read More Pada Tulisan Cetak Tebal (Selengkapnya...) bisa anda ganti dengan Read More atau Baca Selanjutnya atau kalimat apapun yang anda inginkan.
10.Kalo uda selesai klik sombol Simpan Template

Alhamduilillah selesai... tapi jangan puas dulu itu bari setengah perjalanan lho. Kita ikuti lagi langkah selanjutnya, yaa kalo mau ngopi dulu atau minum air bening sambil makan cemilan silahkan. Goooooo!!!

Langkah Kedua :
1. Klik Pengaturan (kalau tidak timbul dihalaman muka/home, maka klik rancangan terlebih dahulu baru kemudian klik Pengaturan)
3. Lalu klik Format
4. Lalu pada layar paling bawah, pada text area kosong disamping tulisan Template Posting/Templat Entri, isi tesxt area kosong tersebut dengan kode di bawah ini :





5. Kalo uda selesai klik tombol Simpan Pengaturan/Simpan setelan.

Nah semua pengaturan telah selanjutnya kita akan belajar bagaimana menggunakan nya, ayo senangaaaaat!

1. Klik Menu Posting/Entri Baru
2. Nah tulisan yang ingin ditampilkan maka ditulis sebelum kode berikut :


3. Kemudian tulisan yang ingin anda sembunyikan ditulis setelah kode :

dan diakhiri dengan kode


Selamat Mencoba...!!!

Sumber :
Trik Mudah membuat Read more. http://kolom-tutorial.blogspot.com/2008/01/trik-mudah-membuat-more.html