Selasa, 13 Maret 2012

Islamic Book Fair yang Mengagumkan



Sudah lama tidak menulis, jd kepingin menulis lg. Inspirasi ini kembali muncul untuk menulis setelah kemarin Senin, 12 Maret 2012 aq with my friend Agus Subagio datang mengunjungi Islamic Book Fair (IBF) di Istora Senayan. Pameran ini dilaksanakan selama 9 hari yakni
9-18 Maret 2012. IBF merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).



Kali ini aq ingin bercerita tentang kesan Islamic Book fair kmrn.

Keberangkatan q k IBF ditemani agus, membuat cerita tersendiri yang menuai inspirasi dan motivasi untuk kembali menguraikan kata demi kata melalui tulisan. Kami memulai perjalanan dari Selter Gramedia Matraman menggunakan Busway. Setelah melewati 3 kali transit di selter busway perjalanan akhir kami terhenti di Selter Polda Metrio. Kemudian di lanjutkan jalan kaki dari depan gerbang istora masuk kedalam bangunan Istora Senayan.

Saat mulai masuk ternyata banyak sekali penerbit Islam yang mendirikan stand. ternyata bukan hanya buku yang tersedia, ada juga stand untuk Bank Syariah, Mainan-mainan Anak, Busana Muslim, Bahkan juga ada panggung utama yang digunakan untuk launching beberapa buku dan bedah buku-buku terkenal. Berikut foto yang q dapatkan mengenai kegiatan IBF tersebut.. Check this out...

Panggung Utama, Tempat Berlangsungnya Pembukaan, Launching Buku, Bedah Buku, Nasyid Dll..


Stand-Stand Penerbit Buku di Dalam Ruang Panggung Utama

Selain stand-stand yang ada di dalam panggung utama, ternyata masih ada lagi stand-stand yang berada di sekitar kawasan istora. IKAPI juga menyediakan stand tambahan untuk menampung penerbit-penerbit maupun toko buku, busana, makanan dll yang berada di luar bangunan Istora, mereka mendirikan tenda tambahan. Sedangkan untuk tempat sholat disediakan tenda dengan ukuran lebih kurang 20x10 meter yang berada di bagian kiri Istora Senayan. Berikut sketsa Istora tempat peserta stand menjajakan jualannya...

Sketsa Denah Kegiatan Islamic Book fair di Istora Senayan

Pameran ini sungguh sangat luarbiasa, berbagai buku islami tersedia mulai dari buku kecil, ampe buku yang besar dan tebal berupa kitab. Diskonnya pun beranekaragam mulai dari 10% sampai 50%, bahkan aq dan temanku banyak memborong buku. Ada buku yang hrgnya 5.000 padahal sebelumnya aq survey di gramedia dengan buku yang sama harganya 29.000 amazing kan..hehe

Ingin rasanya membeli banyak buku, karena bingung mau beli buku yang mana, juga termasuk budget yg sedikit jd cuma sedikit buku yg bisa di beli...hehe

Ini buku-buku yang aq beli


Ke empat buku tersebut aq peroleh hanya dengan mengeluarkan Rp48.000,- murahkan. Dua buku yang dibawah masing-masing dihargai 5.000 sedangkan Buku bagian atas yang tebal sebelah kiri dihargai 30.000 dan yang kanan di hargai 8.000, silahkan deh di cek di gramedia terdekat pasti hrgnya bedah jauh.

Oiya ada satu lagi yang aq beli, yakni kalender imut dengan harga 5.000 per kalender. Coba nanti di cek aj y kalender ini berapa di gramedia terdekat :

Oiya kalender ini terdiri 6 lembar lho, bukan berarti Rp5.000-/lembar tetapi Rp5.000,-/kalender. Karena pst ga percaya klo kalender ini bener-bener murah

Saat kami mengunjungi salah satu stand, temanku agus mengambil sebuah buku yang berjudul Apu Sejarah. Yang terdiri dari 2 buku yang tebal, Api sejarah 1 dan Api Sejarah 2. Kata agus buku itu bagus, karena mengungkapkan sejarah indonesia dari persfektif perjuangan islam. Ini gambar buku tersebut :

Harga Rp 125.000,- Setelah diskon menjadi Rp 95.000,-

Harga Rp 142.500,- Setelah diskon menjadi Rp 105.000,-

Buku ini 1 set(2 jilid) biasanya dijual seharga Rp267.500,- karena diskon menjadi Rp 200.000,- yang menarik sebenarnya perbincangan kami dengan agen stand tempat buku ini dijual. Karena melihat kami memakai baju UI, agen tersebut mengatakan bahwa mereka pernah bekerja sama dengan Ukhuwah UI (LDK UI) mengadakan bedah buku Api Sejarah dengan menghadirkan Penulis Langsung dan di panelkan dengan Pakar Sejarah Nasional dan Islam (Hehehe aq lupa namanya).

Trnyata agen tersebut mengatakan mereka mau bekerja sama untuk mengadakan bedah buku api sejarah di universitas-universitas. Untuk wilayah Jabodetabek mereka membiayai seluruh kebutuhan Penulis dan Pembicara Panel, kalo di luar daerah tersebut nanti bisa dibicarakan lagi tentang bentuk kerjasama yang ditawarkan. Hal ini menggelitik kami berdua untuk menawarkan Bedah Buku Api Sejarah dilakukan di Universitas Sriwijaya, Kampus tempat aq dan temanku dilulusankan sebagai sarjana tentunya memilih Nadwah (LDK Unsri) sebagai Panitianya.

Setelah berbincang lama kami berdua pun izin untuk mengakhiri perbincangan dan kembali mengunjungi stand-stand lainnya, tak disangka tak dinyana pucuk di cinta ulam pun tiba bagi temanku agus. Setelah mengunjungi beberapa stand, di dekat pos Informasi Panitia, aq melihat ada seorang wanita berjalan dengan langkah cepat menuju kearah yang berlawanan dengan kami dengan ditemani satu teman wanitanya. Aq lihat dia lumayan cantik, walaupun kecantikannya tak bisa menyaingi kecantikan istriku. Aq pikir mgkn dia berjalan agak tergopoh-gopoh karena takut kalau ada fans yang tau keberadaannya.

Aq menganggap biasa sj dengan kehadirannya, lagu pikirku melayang emangnya ada apa y gerangan kog tumben wanita itu ada di sini. Apakah ada kegiatan lain di IBF ini selain Pameran buku. Kemudian aq liat agus memandang wanita itu dengan sedikit terkesima dan berkata sambil berbisik kepadaku "Subhanallah Cantik y Ans?". Lalu aq menjawab, "Agus-agus, istighfar cuy" sambil tertawa dalam hati aq berkata """cantikan juga istriku""" tapi aq memaklumi karena agus emang belum menikah.

Setelah lewat bepapasan, agus berkata kepada ku "sp itu Ans namanya.. Anna.. anna". trus jawabku "Anna Althafunnisa".

Agus kembali berkata "iy..iy.. Pemain Film Ketika Cinta Bertasbih Itu kan".

"Iy..." Jawabku.

Setelah beberapa saat baru kusadari ketika ada selebaran dari Panitia IKAPI aq baca, ternyata Oki Setiana Dewi melakukan Launching buku ke duanya yang berjudul "Sejuta Pelangi"


ternyata buku pertama yang berjudul "Melukis Pelangi" best seller lho di pasaran Nasional...he


Untuk melihat agenda acara, bisa dilihat di sini. Agenda Islamic Book Fair

Capek juga ya ternyata...hehe kpn-kpn disambung lagi y...

Oiy ini ada video Islamic Book Fair

Sumber Foto dan Video :
www.islamic-bookfair.com
ahmadsahidin.wordpress.com
alrifqibook.wordpress.com
Ponsel Pribadi